Rahayu Supanggah

Rahayu Supanggah

Rahayu Supanggah

Lahir di Boyolali, 28 April 1949, Rahayu Supanggah adalah seorang komponis dari Indonesia yang khususnya berkarya untuk menyusun musik tradisional Jawa. Ia telah membawa musik gamelan pentas ke  lebih dari 40 negara sekaligus mengajarkannya ke hampir semua negara yang pernah ia kunjungi. Ia juga banyak melakukan kolaborasi dengan seniman dunia, mulai musisi, desainer, skenografer (peñata panggung), koreografer, dalang hingga sutradara film. Lebih dari itu, dialah yang mengenalkan sekaligus mengangkat musik tradisional gamelan ke dunia internasional, lebih dari 30 tahun lalu.

Dia telah mencipta lebih dari 100 buah karya, dikenal sebagian besar untuk perannya dalam kerjasama internasional “Realizing Rama” dan menyusun skor musik untuk pentas musik “I La Galigo” (kisah epik masyarakat Bugis di Sulawesi Selatan) arahan sutradara Robert Wilson asal Amerika Serikat.

Komposisi musiknya untuk Opera Jawa (2006) arahan sutradara Garin Nugroho asal Indonesia memenangkan penghargaan Best Composer dalam Asian Film Award tahun 2007.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *